Rukun Islam dan Rukun Iman

Ilustrasi Ka'bah

Oleh: S Fajrul Islami

Seseorang yang menganut ajaran Islam disebut sebagai Muslim (Muslimin dan Muslimat). Dalam bahasa Indonesia, kata Muslimah digunakan untuk menyebut Muslim perempuan.

Untuk menjadi seorang Muslim yang sejati, kita mesti memenuhi kewajibannya. Di antaranya mengamalkan rukun Islam dan rukun Iman. Apa itu rukun Islam dan rukun iman?

Rukun Islam


Mengutip Wikipedia, rukun Islam (bahasa Arab: أركان الإسلام, translit. arkān al-Islām‎) adalah lima tindakan dasar dalam Islam, dianggap sebagai fondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. Kesemua rukun-rukun itu terdapat pada hadis Jibril.

Ada lima rukun Islam yang wajib dilakukan seorang Muslim beriman. Yaitu:
  1. Mengucap dua kalimat syahadat: "Asyhaduanlaa ilaaha ilallah, waasyhaduanna muhammadar rasulullah." (Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.
  2. Menunaikan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Yakni, Subuh dua rakaat, Dzuhur 4 rakaat, Ashar 4 rakaat, Maghrib 3 rakaat, dan Isya 4 rakaat.
  3. Mengeluarkan zakat. Zakat fitrah dapat berupa makanan pokok, seperti beras, gandum, jagung, atau kurma. Kemudian ada juga zakat mal atau zakat harta sejumlah 2,5 persen dari harta yang dimiliki.
  4. Berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Bagi kaum Muslimah, ada masa-masa haidh yang membuatnya tidak boleh melakukan puasa. Namun wajib mengganti puasa pada bulan selain Ramadhan atau membayar fidyah sejumlah hari puasanya.
  5. Melaksanakan haji bagi mereka yang mampu. Mampu di sini adalah mampu secara finansial dan juga mampu secara fisik.

Rukun Iman

Berikutnya yaitu rukun iman. Dalamislam.com menjelaskan, rukun iman merupakan pilar keimanan yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Enam perkara rukun iman tersebut berdasarkan ayat Al-Quran dan hadis. Iman secara bahasa berarti yakin. Nah, yakin di sini bukan hanya yakin dalam tataran abstrak. Dalam Islam iman berarti meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan.

Iman dalam qalbu setiap Muslim ada kalanya naik dan ada kalanya turun karena berbagai sebab. Maka dari itu, sebagai Muslim yang baik mesti selalu menjaga keimanan agar menjadi insan yang bertaqwa. Adapun enam rukun iman tersebut yaitu:
  1. Iman kepada ALLAH
  2. Iman kepada Malaikat-malikat ALLAH
  3. Iman Kepada Kitab-kitab ALLAH
  4. Iman Kepada Rasul-rasul ALLAH
  5. Iman kepada hari Kiamat
  6. Iman kepada Qada dan Qadar
Untuk menjadi Muslim yang baik, kita mesti senantiasa menjaga keimanan dan ketakwaan. Karena bagaimanapun kita adalah hamba dan manusia biasa yang tentu membutuhkan pertolongan-Nya. Dalam surah al-Insyirah ayat 8 disebutkan, "dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap."

Komentar